Pembangunan Technopark Sebagai Sarana Mendukung Sektor Ekonomi Kreatif Di Malang

Untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif Pemkot Malang berencana membangun technopark yakni kawasan bangunan yang diperuntukkan bagi penelitian dan pengembangan sains dan teknologi didasarkan pada kepentingan bisnis. Di dalam sebuah kawasan technopark harus terdapat beberapa fasilitas kegiatan pada bidang Teknologi Informasi Komunikasi. Misalnya, fasilitas e-biz hub, Internet Data Center & Data Recovery Center, ICT Research & Development Center, ICT Training Center, ICT Convention & Exhibition Center, Software House Center, Office Center, dan ICT Center lainnya. Selain itu, technopark juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti pusat rekreasi berbasis ICT, bank, restoran, fasilitas hiburan dan olah raga.

Menurut Ignatius Warsito (Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian RI), industri ekonomi kreatif dengan dibangunnya technopark, seperti digital kreatif yang dapat menghasilkan karya animasi, fotografi, videografi dan sebagainya ini akan semakin menguatkan Kota Malang sebagai smart city. Selain itu, karena Indonesia akan memasuki pasar global yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), industri ekonomi kreatif mempunyai peluang besar. Dengan kehadiran MEA nanti, diharapkan bukan menjadi ancaman atau sesuatu yang menakutkan, tapi justru menjadi suatu peluang besar bagi karya-karya kreatif anak-anak Indonesia, khususnya Malang, untuk bisa disumbangkan ke pasar ASEAN.

Pembangunan technopark ini merupakan bentuk sinergisitas program dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Sebelumnya telah dibuat embrio yang dipersiapkan untuk kawasan technopark pada Perpustakaan Umum Kota Malang yang diresmikan pada bulan Desember 2015. Karena dukungan pemerintah sangat besar, maka nantinya akan dibangun area technopark yang lebih besar lagi. Bantuan dari Kementerian Perdagangan dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia pada tahun 2016 sudah mulai dilakukan, terutama untuk tahap perencanaan. Harapannya pembangunan technopark di Kota Malang dapat diselesaikan pada tahun 2017. Bangunan itu direncanakan ditempatkan di sekitar Perkantoran Terpadu di Kecamatan Kedungkandang.

Menurut Widyani (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang), industri kreatif di Kota Malang saat ini sudah berkembang cukup pesat, dari 16 sektor yang dikembangkan pemerintah pusat, Kota Malang sudah memiliki 13 sektor. Banyak pelaku industri kreatif yang berasal dari Kota Malang kembali ke Malang untuk membantu pengembangan industri kreatif di daerah asalnya. Technopark diharapkan dapat dibangun dengan konsep sebagai wadah pengembangan produk industri kreatif berbasis digital. Pada tempat yang dibangun ini nanti juga dibangun ruang pamer, tempat pelatihan usaha, ajang kreatif yang dikhususkan untuk bidang digital.

Pembangunan infrastuktur untuk mendukung tumbuhnya industri ekonomi kreatif di Kota Malang mutlak diperlukan. Setelah pagelaran Indonesia Creative Cities Converence (ICCC) pada bulan April 2016, peluang kota ini untuk memiliki tempat pengembangan yang layak mulai mendapat angin segar. Technopark sebagai wadah sarana yang telah disediakan pemerintah untuk mengakomodasi pertumbuhan sektor ekonomi kreatif berbasis digital di Malang ini diharapkan dapat menggerakkan sektor-sektor perekonomian lainnya, sehingga Malang dapat berkembang sebagai kota yang modern, kreatif, dan tumbuh menjadi smart city.

 

Dirangkum dari sumber-sumber berikut :

http://www.malangtimes.com/baca/14270/20160910/173052/dukung-ekonomi-kreatif-pemkot-malang-akan-bangun-technopark/

http://malangkota.go.id/2015/12/23/pacu-industri-kreatif-digital-kota-malang-resmikan-technopark/

http://suryamalang.tribunnews.com/2016/04/20/kota-malang-segera-punya-techno-park-untuk-pusat-industri-ekonomi-kreatif-ini-lokasinya

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/03/28/o4q9ak383-pemkot-malang-bangun-techno-park-industrial

Tinggalkan komentar